Senin, 28 Maret 2011

Asal usul marga SINAGA dan keturunannya dari si RAJA BATAK

Awal mulanya marga sinaga yang dimulai dari si RAJA BATAK

SI RAJA BATAK diketahui mempunyai keturunan dua orang putra :
1. GURU TATEA BULAN
2. RAJA ISOMBAON 

GURU TATEA BULAN
Guru Tatea Bulan mempunyai 5 orang putra :
1. SIRAJA BIAK-BIAK
2. SARIBU RAJA
3. LIMBONG MULANA
4. SAGALA RAJA
5. MALAU RAJA

SARIBU RAJA (SIBORU PAREME)
mempunyai 2 orang putra :

1. SIRAJA LONTUNG
2. SIRAJA BORBOR

SIRAJA LONTUNG 
mempunyai 7 orang putra :
1. TOGA SINAGA
2. SITUMORANG
3. PANDIANGAN
4. NAINGGOLAN
5. SIMATUPANG
6. ARITONANG
7. SIREGAR

TOGA SINAGA
mempunyai 3 orang putra :
1. SIRAJA BONOR
2. OMPU RATUS
3. RAJA HASOGIAN (SINAGA URUK)

SIRAJA BONOR
mempunyai 3 orang putra :
1. SIRAJA PANDE (OP. PALTI RAJA I)
2. TIANG NI TONGA
3. SUHUT NI HUTA

OMPU RATUS
mempunyai 3 orang putra :
1. RAJA RATUS
2. RAJA SITIJAR
3. RAJA SIONGKO

RAJA HASOGIAN (SINAGA URUK)
mempunyai 3 orang putra  :
1. RAJA UPAT
2. RAJA BONTA
3. SIHURUNG-HURUNG

SIRAJA PANDE (OP. PALTI RAJA I)
mempunyai 4 orang putra :
1. OP. PALTI RAJA II
2. BINDALA GURUAN
3. OP. JUANG NI LANGIT
4. OP. RAJA OLOAN

SUHUT NI HUTA
mempunyai 3 orang putra :
1. NASUMANDAR
2. NAHUMUTUR
3. SIBALOK
4. SONAK MAUNOK

OP. PALTI RAJA II  *
OP. PALTI RAJA III  *
OP. PALTI RAJA IV  *
OP. PALTI RAJA V  *
OP. PALTI RAJA VI  *
OP PALTI RAJA VII  *
OP. PALTI RAJA VIII  *
OP. PALTI RAJA IX  *
OP. PALTI RAJA X  *
OP. PALTI RAJA XI  *
OP. PALTI RAJA XII

* di kabarkan hanya mempunyai 1 orang putra (tunggal), setelah itu mengembara kedaerah lain.

OP. PALTI RAJA XII
mempunyai 5 orang putra :
1.
2.
3.
4.
5.
sampai saat ini keturunan SINAGA dari SIRAJA BATAK sudah sampai generasi ke 22 dan dari SIRAJA PANDE/OP. PALTIRAJA I sudah sampai generasi ke 16. dari OP. PALTIRAJA XII sudah sampai generasi ke 5.


LOKASI SITUS PENINGGALAN SEJARAH SINAGA

NAMA SITUS  :                                                                         LOKASI SITUS

1. BATU PARRAPOTAN (SIRAJA BATAK)                                   HUTA GINJANG
2. PATAPAAN NI SIRAJA BATAK                                               HUTA GINJANG
3. BATU MARGULING SARIBU RAJA                                          SARIMARRIHIT
4. MUAL SIBORU PAREME                                                        SARIMARRIHIT
5. MUAL SARIBU RAJA                                                            SARIMARRIHIT
6. MUAL RAJA LONTUNG                                                         TELE
7. MUAL NI R.O. PALTIRAJA MUAL SIPAULAK HOSA                  DESA SABULAN
8.MUAL NI SIBORU PAREME                                                     DESA SABULAN
9. MUAL NI SIRAJA LONTUNG                                                  DESA SABULAN
10. MUAL PANSOPAN NI SIBORU PAREME                                  DESA SABULAN
11. PERKAMPUNGAN SIRAJA LONTUNG DIBANUA RAJA               DESA SABULAN
12. HARIARA MARANAK dan MUAL NI SIRAJA LONTUNG
      LOBU SINAGA SINAGA URUK                                               DESA URAT
13. MAKAM RAJA OMPU PALTIRAJA XII                                     DESA GORAT PALLOMBUAN       
                                

78 komentar:

  1. yg sinaga uruk ga ada lagi yg lebih detailnya ya????

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. sinaga bonor dari porti sipangan bolon apa ada di blog ini

    BalasHapus
  4. Yang merasa dari sipanganbolon porti kudengar sudah dijual sama marga silalahi.Mohon kita luruskan berita ini.
    no hp 081378610578.

    BalasHapus
  5. Saya Sinaga Bonor (Pande) Generasi 18, dan opung sy msh memiliki tarombo silsilah yg lengkap awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ampara Pemi, Saya juga Sinaga Bonor Pande No. 18, Ompungnya Ompung sudah tinggal di Hinalang, Kec. Purba Simalungun(dekat Saribudolok).
      Coba tanya Ompung Ampara, karena kami tidak adalagi yang tahu tarombo, mana tahu Ompung tahu cerita kami sampai ke Hinalang.

      Hapus
    2. abg orang hinalang saya jga sinaga. bonor dari hinalang

      Hapus
    3. saya juga sinaga bonor op palti raja ke18 sya tdk tahu bertarombo noho diajari saudara saudaraku
      putra sinaga:082276148016

      Hapus
    4. saya juga sinaga bonor op palti raja ke18 sya tdk tahu bertarombo noho diajari saudara saudaraku
      putra sinaga:082276148016

      Hapus
  6. ditunggu artikelnya di http://batak.web.id/
    Batak Blog, Forum dan jejaring Sosial.

    BalasHapus
  7. jadi mengapa sekarang sinaga sama situmorang?suami istri,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Dulu banyak Perselisihan, terutama Klan Lontung sama Klan Sumba, ada yang mengatakan Toba terbagi Tiga, yaitu Klan Lontung Pimpinan Ompung kita Palti Raja (bermarga Sinaga), lalau Klan Sumba Pimpinan Sisingamangaraja (Bermarga Sinambela, sebelumnya dipimpin Sorimangaraja), dan Klan Naimarata Pimpinan Jonggi Manaor (marga Limbong).
      Jadi pernikahan Sesama Lontung adalah meminimalisir Klan Sumba atau Naimarata Menjadi menjadi Hula-Hula Lontung, Karena Posisi Hula-hula membuat mereka jadi di atas dan Anak Boru jadi Di bawah, jadi besar kemungkinan inilah yang dihindari Klan Lontung.

      Admin www.batak.web.id

      Hapus
    3. Horas,, au Sinaga bonor pande nomor 17. Opung nami Op raja bintang sian Huta panganbolon.
      Ido molo didok Bapa.

      Hapus
    4. Horas,, au Sinaga bonor pande nomor 17. Opung nami Op raja bintang sian Huta panganbolon.
      Ido molo didok Bapa.

      Hapus
  8. Di hita marga sinaga: Aha do lapatan ni si sada anak si sada boru?

    BalasHapus
  9. klo bsa Detail Sinaga uruk nya d lengkapi Bang.. au Sinaga no.17

    BalasHapus
  10. Gk sengaja baca tulisan ini :D
    jadi tertarik mau lebih tau tentang sinaga karena saya memang boru sinaga. Udah beberapa x daiajari sama bapak tentang partuturan, ntah krena aku masih terlalu muda atau aku yang memang cuek sampe skrg pun aku masih kurang paham.
    dari tulisan ini jadi tau sedikit banyak tentang sinaga dan asal usulnya.
    tp kalau boleh tau juga tolong dijelaskan juga marga apa2 ajj yang sama dengan sinaga. trus asalnya sinaga ini sebenarnya dari toba atau dari simalungun sih ? karena setiap ada yang nanya boru apa pasti nanya lagi sinaga toba atau simalungun.
    terus aku juga pernah dengar sinaga simanjorang. itu bagian dari sinaga yang mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunjungi langsung ke SINAGAURUK-Desa Urat II- Kec. Palipi, Kab Samosir. Anda akan memperoleh banyak tentang sinaga.

      Hapus
    2. Saya juga menyimak semuanya dari saudara2ku saya generasi sinaga bonor tiang ni tonga ke 17 kalau ada yang tahu asal usul kami tolong penjelasanya kalau ada yg tahu jati diri kami. Dari simpang pane simalungun

      Hapus
  11. Mohon infonya putra dari sinaga bonor tiang ni tonga tdk tercantum, saya salah satu keturunannya nomor 16..... terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga kata bpk ku keturunan Sinaga Bonor

      Hapus
    2. Saya juga Sinaga Bonor Tiang Ni Tonga

      Hapus
  12. mohon infonya.kenapa ada sinaga sijolo-jolo tubu
    dan ada sinaga yang mengatakan siapa yang duluan lahir itu siabangan.

    BalasHapus
  13. Aq boru sinaga bonor pande, bnyak hal yg nggak q ketahui tentang sinaga n yg trmasuk sinaga ja q lom bnyk tau. aq prnh dngr jga katanya sinaga sama sipayung gak bsa mnikah. mohon infonya. trims :-)

    BalasHapus
  14. Terimakasih utk ide penulis semoga bermanfaat dan membantu bagi saudara2 dan saya yg ingin mengenal siapa leluhur kita...Horasss

    BalasHapus
  15. Aku sinaga Bonor pengen lebih dalam mengetahui silsilah sinaga (Tarombo)

    BalasHapus
  16. Ahu Sinaga Bonor Pande sian lumban Sinaga Sihusapi Samosir,gelar ni ompung nami Guru Humuntal Sinaga,dihamu saluhutna dongan tubukku atik adong namanboto taromboku sian Urat sahat tu Sihusapi mandok mauliate ma ahu diharadeonmuna patolhashon tarombokki

    BalasHapus
  17. Horas amang! Ini punya bapa tua ka teta/ ka astri kah? Kalau bukan kami ada pomparan paltiraja XII di Jakarta,ada foto silsilah lebih lengkap

    BalasHapus
  18. Horas amang! Ini punya bapa tua ka teta/ ka astri kah? Kalau bukan kami ada pomparan paltiraja XII di Jakarta,ada foto silsilah lebih lengkap

    BalasHapus
  19. Opungku juga Sinaga bonor
    Nama opungku Jabatu Sinaga
    Makamnya di Sipirok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bonor apa pra... Kl suhut nihuta sama kita, diurutan ke 14 ada oppu kami merantau ke sipirok.. tlg ditanya dl keluarga yg tau tarombo kl oppu saya di nomor 13 oppu Jobong.. ini nomor sy 08128612619

      Hapus
  20. Jika ada yg kenal dengan opungku?

    BalasHapus
  21. Saya Sinaga Nomor Suhutnihuta.
    Oppung kami merantau ke Tarutung, kemudian menikah dengan oppung Boru kami Boru Hutabarat.
    Tapi oppung kami ini telah bergelar A.Wily juga kami menduga telah berumahtangga sebelumnya.
    Apakah ada yang tahu sejarah ini ?
    Jika ada tolong di share(kabari).
    Terima kasih.

    BalasHapus
  22. Saya Sinaga Nomor Suhutnihuta.
    Oppung kami merantau ke Tarutung, kemudian menikah dengan oppung Boru kami Boru Hutabarat.
    Tapi oppung kami ini telah bergelar A.Wily juga kami menduga telah berumahtangga sebelumnya.
    Apakah ada yang tahu sejarah ini ?
    Jika ada tolong di share(kabari).
    Terima kasih.

    BalasHapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  24. Mohon dijawab.
    Boleh kah sinaga suhut ni huta menikah dengan bere situmorang suhut ni huta?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku bantu jwb to, setahu saya tidak boleh, krn ada padan antara sinaga bonor pande dengan situmorang pande, sinaga bonor suhut nihuta dengan situmorang suhut nihuta.

      Semoga membantu ya to

      Hapus
    2. setau aku yang marpadan itu cuma sinaga, situmorang dan pandiangan "suhut nihuta"
      tapi kalau sinaga, situmorang, pandiangan pande,, itu gak marpadan ito

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  26. Horas ito, kakak, semuanya
    Salam kenal, saya biru sinaga op.ratus raja ratus no. 18 dari gorat
    Kalau ito dan kakak pernah ke gorat dan kenal atau pernah dengar op bukit hijau
    Itu lh oppung ku to, kak
    Horas....

    BalasHapus
  27. Horas ito, kakak, semuanya
    Salam kenal, saya biru sinaga op.ratus raja ratus no. 18 dari gorat
    Kalau ito dan kakak pernah ke gorat dan kenal atau pernah dengar op bukit hijau
    Itu lh oppung ku to, kak
    Horas....

    BalasHapus
  28. Horas ma di hita poparan ni oppu ta Toga Sinaga di akka bapa ni Ba /Abang namamboto detail dope tarombo mohon ma di sare asa sude generasi muda mamboto mauliate au pinoppar ni opputa siappudan no 17

    BalasHapus
  29. Horas Ma dihita sasude anga Pinompar ni Lontung. mauliate ma di sasude na manulis Tarombo ni Sinaga. bahwa Sinaga Adong tolu , 1. Bonor, Sinaga Oppu Ratus 3. Sinaga Uruk Dang adong Sinaga Simanjorang, Sinaga Simalungun, Mauliate
    Ferdinan Sinaga
    Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naso mabboto tarombo unang loakon.
      Simanjorang i sinaga uruk doi.

      Hapus
  30. Horas dihita saluhutna, au fransiscus falm sinaga dari Pakkat, keturunan dari Op. Marhoda Gaja Paltiraja, no 17, Sinaga Bonor Pande..

    Kami masih menelusuri dari Paltiraja ke berapa kami, dan di kami terdapat pusaka peninggalan Op. Marhoda Gaja Paltiraja berupa Usus Gajah yg dikering yg dimana itu masih 1/3 bagian dan sisanya dibawa mengembara oleh Ompu kami tersebut.. Cerita yg saya dengar dr natua natua hami bahwa Ompu pernah menetap di Sidikalang, Pakkat, Barus dan Tarutung.. Kami sempat mengetahui ada Amang Pdt. Jetro Sinaga (Alm) yg ternyata keturunan dr Ompu yg sama.. Siapa tau ada yg mengetahui/menyimpan pusaka tersebut dapat menghubungi kami fransiscus.falm.sinaga@gmail.com, karena kami ingin merapikan silsilah kita dr pomparan Ompu Marhoda Gaja Paltiraja. Mauliate Parjolo

    Di luar itu semua jujur Sinaga ini luar biasa, dimana mana ketemu Sinaga itu seperti ketemu saudara jauh yg sudah lama tidak ketemu padahal baru kenal saat itu juga tp lgsg nyambung 😁😁

    Salam Sinaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon informasi appara niba tinggal di mana skrg

      Hapus
    2. Opung saya dikubur dipakkat, bapak saya kelahiran pakkat tahun 1960, kami sinaga bonor pande, tapi saya tidak tahu sinaga nomor berapa krn tdk ada diajar dan dikasih pemahaman, saya kelahiran 1983

      Hapus
    3. Horas ma pra au pe SINAGA Bonor pande no 17 tong alai naung tubu dijakarta on do au, Huta ni bapa Sian Parlilitan sahuta ma dohot op. Pdt Jetro sinaga

      Hapus
  31. mamaku boru sinaga bonor pande tapi sudah lama menjadi melayu mulai dari opung jd kata mama dia pingin tahu tentang asal usul marganya sebab opung doli sudah lama meninggal
    mohon jawaban

    BalasHapus
  32. Saya sinaga jokowi itu keturunan dr mn mhon jwbany?

    BalasHapus
  33. dimana kantor punguan sinaga d jakarta,yg tau tlg bls,aq jg sinaga ,tp blom jelas bonor,oppu ratus atw uruk....

    BalasHapus
  34. dimana kantor punguan sinaga d jakarta,yg tau tlg bls,aq jg sinaga ,tp blom jelas bonor,oppu ratus atw uruk....

    BalasHapus
  35. horas . saya daniel sinaga op ratus sitinggi generasi 15

    BalasHapus
  36. melacak saya keturunan Sinaga ke.berapa kayak mana ya, Appara?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut pandangan saya,untuk mengetahui kita sinaga ke berapa tepatnya dikatakan generasi keberapa bukan dilacak atau diprediksi tapi hal itu sudah tersirat secara turun temurun.
      contohnya;opung saya sinaga no 15,bapak saya no 16,saya no 17 dan anak saya sinaga no 18. hal ini diajarkan bapak saya sewaktu hidupnya,dan hal ini pula yg harus saya ajarkan ke anak-cucu saya,dan begitulah seterusnya mengenai hal ini. mauliate

      Hapus
  37. Oh saya dibilang Tante saya Sinaga Laguboti


    BalasHapus
  38. assalamualaikum....
    horas dihita sasudena poparan ni sinaga..
    mohon maaf, saya juga sinaga bonor... Ayah dari oppung saya bernama DANGASAN SINAGA (asal lumban sinaga pangaribuan yang merantau ke simangambat/sipirok TAPANULI SELATAN dan menikah dengan boru Rambe simangambat/sipirok ayah dari oppung saya ini diberi Bergelar JAGUMOTTAR SINAGA, dan almarhum Oppung saya bernama PALTI SINAGA (yang berdomisili di Padangsidimpuan) dan ayah saya bernama Almahrum. Amran Efendi Sinaga, juga berdomisili di Padangsidimpuan, semasa hidup ayah saya bercerita kalau kita ini sinaga nomor 13 kepada saya, tapi anak dari amangtua saya berkata kalau kita ini sinaga nomor 21... jadi saya bingung ...mohon pencerahan apa bila ada yang tau sebenarnya keturunan ini sinaga yang ke berapa..?
    wassalam...

    BalasHapus
  39. Horas bapa tua, maaf sebelumnya. Saya mau nanya, apa buku tentang tugu sinaga atau buku tentang punguan toga sinaga ada? Saya lagi mencari buku2 tersebut untuk referensi tugas akhir. Makasih bapa tua, Horas.

    BalasHapus
  40. saya sinaga uruk hata hutan no 18

    BalasHapus
  41. Sampai skrng jg msh bingung saya bonor Pande nomer berapa, ada yg bilang 13/14. keluarga dr pihak bpk sdh ga ada semua, tp waktu kecil ingat pas bpk meninggal, bpk tua saya bawa tarombo ada nama bpk di situ & tarombo jg ga terlalu panjang. Rumah opung ku di tigadolok, msh ingat waktu itu dtng kemakamnya thn 80an gara2 kaget lihat tahun kelahiran dimakam opung ku pd thn 1890.

    BalasHapus
  42. Horas....mohon di share tarombo sinaga bonor tiang ni tonga..mauliate..

    BalasHapus
  43. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  44. Keturunan Op Palti Raja XII lihat di: https://www.geni.com/people/Palti-Raja-XII/6000000009365602121

    BalasHapus
  45. Horas ma dihita saluhutna, au Maruli Sinaga Bonor Pande No.17, saonari di Penajam Kaltim, Oppung nami Guru Martahan Diaji (Ompu Palti Raja I) sian huta Porti Sipanganbolon Girsang 2 Parapat.Mauliate ma.

    BalasHapus
  46. Mohon jika ada info hal Marga Sinaga ke email: marulitua.sng@gmail.com

    BalasHapus
  47. Mau nanya
    barutu masuk ke sinaga mana

    BalasHapus
  48. Horas saya sinaga bonor pande, saya mau bertanya kpd kita semua apakah sinaga bonor pande bisa menikah dengan pandiangan suhut nihuta??
    Mauliate

    BalasHapus
  49. Oppung saya op tahimahalan yang tabbak nya di urat Desa sulang hosa
    Tolonglah beri keterangan nya

    BalasHapus
  50. Saya marga sinaga lahir di simalungun tapi bapak oppung saya berasal dari samosir dtg merantau ke simalungun,tapi saya kurang tau apakah saya benar sinaga yg mana katanya sinaga bonor pande itu saja yv saya tau tp kebenarannya tdk tau, apa ada yg bisa jelaskan klau yg dari samosir merantau ke simalungun melalui haranggaol itusinaga bonor pande semua?saya minta tolong apa ada saudara yg serupa dgn saya yg sdh tau asal usulnya sama.

    BalasHapus
  51. Numpang tanya dulu ya sejarah PARSANGGEAN SITOLU TALI gimana dulu sejarahnya ya?

    Bagi yang tau tolong dibalas komentar ini ya, terimakasih

    BalasHapus
  52. Ahu sinaga bonor pande 17 ( poparan ni op paltiraja) au tinggal di simpNg hinalang, goar ni oppung hu ai ma kartianus sinaga, inang matuaku goarna koranta boru sipayung, alai op / boru manik hotang.

    BalasHapus
  53. Saya Zulham Noer di Medan masih ada keturunan Sinaga,yg disampaikan oleh keluarga saya Atok Moyang saya bernama bernama Puteh (seorang Opas di Kesultanan Bilah Negeri Lama) menikah dengan boru Sinaga (salah satu dr 3 boru Sinaga bersaudara: satu br Sinaga berumahtangga dengan Atok Puteh lahirlah Ongah dan berumahtangga lahirlah H.OM.Noer dan berumahtangga lahir salah satu anaknya adalah ayah saya Noer Hasan Muhammad, dan untuk br Sinaga yg dua lagi berumahtangga dgn keturunan Pakistan dan keturunannya ada di Medan, dan untuk br Sinaga yg satu lg berumahtangga dgn Lelaki bermarga Nasution dan keturunannya ad di Pangkalan Berandan, menurut informasi keluarga Atok Puteh dimakamkan di perkuburan daerah Bukit Mas, Kec.Besitang, Kab.Langkat.
    Dalam kesempatan ini apakah ad yg tau cerita keturunan Sinaga yg ada kaitannya dgn keluarga leluhur saya tsb, karena pernah diceritakan bahwa Opung boru Sinaga asalnya dari Urat tempat bertani bawang, itu kisahnya..., mana tau Bapak/Ibu/Tulang/Nan Tulang pernah juga tau sejarah tsb bolehlah kita dapat bertukar informasi, email saya :zulnoer@gmail.com, atau WA 081351016819

    BalasHapus
  54. kalo sinaga nomor 15 itu masuk pomparan oppung apa yaa?

    BalasHapus